Sugeng Rawuh Poro Tamu dumugi ing situs ipun mas Puthut Wibowo.....ampun di isin isin njihh,amargi niki taseh ajaran

April Mop

nggak terasa bulan maret udah terlewati...bulan april dah di depan mata...
tapi ada yang baru di bulan ini.
ada istilah baru buat aku...
banyak banget temen2 ku di fb yang nulis tentang April Mop...
dasar wong ndeso ogh,,,dadi ne yo ra ngerti opo sing dimaksud istilah iku mau....

pas golek2 ehhh ketemu dehhh..
jebule April Mop itu adalah hari di mana semua orang bebas untuk melakukan dosa kejahilan kepada siapapun dan orang yang bersangkutan tidak boleh tersinggung.

Kapan tepatnya April Mop dimulai?

Meskipun banyak orang di berbagai negara menipu teman-teman mereka atau orang-orang yang terkasih pada April Mop ini, namun tidak ada yang tahu tepatnya kapan dan di mana tradisi ini dimulai?

Seperti yang dikutip dari msnbc.msn.com April Mop datang pada musim semi sejak zaman Romawi Kuno dan Celtic, di mana rakyat merayakan festival pembuatan kesalahan dari setiap hal yang telah mereka kerjakan di tahun sebelumnya. Sebagian orang mengatakan bahwa April Mop datang di Eropa pada Abad Pertengahan.

Beberapa jejak yang menandakan kemunculan April Mop dimulai dari zaman Romawi yang diawali oleh kisah Ceres, dewi panen, dan putrinya, Proserpina.
Pluto, dewa kematian, menculik Proserpina dan membawanya untuk tinggal bersamanya di dunia bawah. Gadis itu berteriak-teriak minta tlolong kepada ibunya, tapi Ceres hanya bisa mendengar gema suara putrinya dan mencari-cari dengan kesia-siaan.

Misi menyelamatkan putrinya ini terdenger “bodoh” bagaikan mengejar angsa liar, yang berarti mengejar sesuatu yang tidak mungkin. Kegagalan sang ibu dalam misinya menyelamatkan putrinya menjadi lelucon yang populer di Eropa pada abad selanjutnya.

Teori yang paling luas tentang asal-usul April Mop berasal dari kalender lama Julian ke kalender Gregorian (sistem penanggalan yang sekarang digunakan) pada akhir abad ke-16. Berdasarkan kalender Julian, Tahun Baru dirayakan selama seminggu antara tanggal 25 Maret dan tanggal 1 April namun di bawah kalender Gregorian, tanggal tesebut dipindahkan ke tanggal 1 Januari. Namun bagi mereka yang tidak diberitahukan tentang perubahan ini, atau yang tetap bersih keras menjalani tradisi lama, sering diejek dengan lelucon oleh teman-teman bermain mereka sendiri ketika sistem penanggalan yang baru jatuh pada tanggal 1 Aril.

Tetapi teori tidak dapat menjelaskan mengapa tradisi mengerjaiku menyebar ke negara-negara lain di luar Eropa yang pada saat itu belum mengadopsi kalender Gregorian.

Di era modern ini, perayaan April Mop yang disiarkan di stasiun radio, program TV dan situs web telah dipersiapkan sebelumnya agar pembaca dan pendengar merasa tertipu dengan lelucon konyol yang telah dipersiapkan tadi.

Salah satu lelucon yang paling terkenal adalah sebuah film dokumenter yang dikeluarkan BBC pada tahun 1957, di mana tipuannya mengenai spaghetti yang dipanen di Swiss. Dikisahkan ada sebuah keluarga yang sedang memetik helaian pasta dari “pohon spaghetti” yang mereka tanam di kebun sendiri. Makanan favorit asal Italia itu masih dianggap sebagai makanan terlezat di Britania pada masa itu, dan banyak pemirsa yang tertipu dan ingin tahu bagaimana cara mendapatkan bibit spaghetti yang dapat mereka tanam sendiri.

Nah, bagimana dengan Anda? Sudahkan Anda mempersiapkan tipuan apa yang hendak Anda? Atau Anda sendiri telah menjadi korban dari kekonyolan April Mop tahun ini?(M-1/B)



sumber e:http://tinyurl.com/y8cmu2s



share on facebook

No comments:

Post a Comment