Sugeng Rawuh Poro Tamu dumugi ing situs ipun mas Puthut Wibowo.....ampun di isin isin njihh,amargi niki taseh ajaran

Kiper (Penjaga Gawang)

artikel dari www.kaosbola.com


Penjaga gawang, atau orang biasa sebut Kiper, merupakan benteng pertahanan terakhir dari suatu tim sepak bola. Kiper merupakan satu-satunya pemain di lapangan pertandingan yang diperkenankan untuk menyentuh bola dengan tangan secara aktif. Kiper bertanggung jawab agar tim nya tidak sampai kemasukan bola atau kebobolan. Gawang ukuran 7,32 m x 2,44 m harus dijaganya dari serbuan para pemain lawan yang ingin mencetak gol. Ya..walaupun ada bek (barisan pertahanan), kemampuan seorang kiper juga menjadi faktor penting bagi keperawanan gawang suatu tim. Bisa dibilang kiper dan bek harus mampu berkomunikasi secara optimal dan mampu bekerja sama satu sama lain.



Gianluigi Buffon, Edwin Van Der Sar, Iker Casillas, dan Julio Cesar merupakan deretan kiper terbaik di dunia saat ini. Baik kemampuan refleknya dalam menghalau bola tendangan pemain lawan, maupun karakternya yang disegani oleh pemain lainnya, dapat kita lihat dari deretan kiper-kiper terbaik di dunia tersebut. Mereka sangat tenang dalam menghadapi serbuan lawan, dan bisa sangat tegas jika bek gagal menghalau serbuan pemain lawan. Paduan yang sangat sempurna bagi seorang kiper.




Kiper seringkali menjadi pahlawan bagi suatu tim yang bertanding. Terlebih ketika suatu tim diharuskan melalui babak adu penalti. Ketenangan, kecerdikan, dan insting yang sempurna dari seorang kiper sangat berperan di sini. tentunya tidak terlepas juga faktor lucky yang bermain di sini. Namun sayangnya seorang kiper juga bisa menjadi pecundang apabila dia melakukan kesalahan fatal dan berujung pada kegagalan tim nya memperoleh nilai maupun memenangi suatu pertandingan. Walaupun seharusnya kita tidak boleh menghakiminya sebegitu hebat. Karena kemenangan atau kekalahan suatu tim merupakan tanggung jawab seluruh tim.

Begitulah secuil kisah seorang kiper…the untouchable hero…=)


share on facebook

No comments:

Post a Comment